RERAJAHAN BALI JENIS DAN PUNGSINYA

rerajahan baliRERAJAHAN BALI mendengar kata itu sebagian orang mempunya banyak persepesi atau pandangan yang berbeda – beda, karena rerajahan atau bahasa kerennya rajah tidak akan bisa lepas dari kehidupan orang bali karena rerajahan ini di pergunakan dalam upacara dan upakara, masalah bisnis, asmara, jaga diri, perlindungan diri dari serangan gaib maupun nyata ( sekala niskala ).

Apa itu Rerajahan…???? Rerajahan berasal dari kata rajah, Rajah bermakna goretan aksara atau gambar yang di tuangkan dalam buku, lempengan tembaga, mas, kuningan, kasa ( kain putih ), di mana di dalam rerajahan itu ada yang berbentuk para dewa, buta kala, burung, wanita cantik, dan lain sebagainya., tergantung dari tujuan dari pencipta rerajahan tersebut kalau untuk kebagusan ( ketampanan ) bisa berbentuk semara tapa, sang hyang rejuna. kalau untuk kateguhan / kakebalan biasanya memakai rerajahan BIMA.

Kombinasi dari RERAJAHAN BALI adalah  :

  • benda langit seperti matahari, bulan dan bintang
  • tumbuh tubuhan, terutama bunga padma, teratai
  • binatang seperti, burung, ikan, harimau, naga, ular, monyet , anjing, bejulit
  • binatang berkepala manusia, atau manusia berkepala binatang, buta kala, raksasa, atau para dewa
  • bangunan suci, seperti meru, candi
  • senjata para dewa, atau batara
  • tokoh pewayangan , bimasena ( biasanya untuk kekebalan / KEBAL ) sang hyang rejuna ( untuk pengasihan / pengasih asih , rajah sang hyang rejuna bisa juga untuk kekebalan / kebal dan ada juga untuk pawang hujan kalau sang hyang rejuna memakai senjata panah.

Rerajahan bali adalah salah satu produk lokal yang di miliki dan di pergunakan masyarakat untuk membangkitkan kekuatan magis sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan orang yang mempergunakannya, dalam artikel ini akan saya bahas khusus tentang rerajahan bali yang di pergunakan oleh para normal / dukun atau kami menyebutnya dengan balian.

Di Bawah ini akan saya uraikan jenis jenis rerajahan bali yang tiang tahu dan ada di kamar suci dan tiang pelajari :

Rerajahan Pengasih Asih :

Rajah Pengasihan adalah atau orang bali menyebutnya dengan rerajahan pengasih asih sudah tidak asing lagi di telinga masyaryakat bali, baik yang tua maupun yang muda, karena rerajahan ini masuk di semua kalangan. dan rajah juga banyak jenisnya dan sarana yang di pergunakan beraneka ragam, ada yang dari tembaga yang di rajah, Kuningan , peripih perak, timah lempengan, seperti pangeger ikitir mas, pangeger i onggar mas, mempergunakan mas asli yang di rajah tidak mau kawe he he, untuk mendetailnya jenis jenis pengasihan sarana yang di pergunakan silakan klik di sini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *